Dengan berbekal alat-alat musik sederhana, sekelompok mahasiswa secara spontan tampil pada malam Dies Natalis Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran tahun 1971. Kebahagiaan yang didapat karena penghargaan yang tulus dan positif dari penonton menyebabkan kelompok ini berpikir dan bergerak untuk lebih sering berkumpul dan bersama-sama menikmati lagu-lagu atau bernyanyi pada waktu senggang diantara waktu-waktu kuliah dan praktikum. Akhirnya anggota grup ini bertambah dengan mahasiswa dari berbagai fakultas lainnya di lingkungan  Universitas Padjadjaran dan telah menemukan warna, karakter dan akhirnya memberanikan diri memakai dan membawa nama Grup Pencinta Lagu Universitas Padjadjaran (GPL-UNPAD). Anggotanya adalah mahasiswa dari berbagai fakultas dengan segala aktivitas dan tugasnya sebagai mahasiswa di kampus dan di daerah-daerah kebun dan gunung. Sebagai mahasiswa yang penuh dinamika, menyanyi bukanlah profesi dan tujuan utama. Ia adalah alat untuk menikmati keindahan, menghargai kebesaran Tuhan dan sekaligus merupakan alat komunikasi yang ampuh dalam membina rasa persaudaraan yang enak, kesegaran serta juga keakraban pada lingkungannya.

Kegiatan yang telah dilakukan sejak GPL berdiri meliputi:

1971
- 23 September: Penampilan pertama dalam rangka Dies natalis Pertanian UNPAD

1972
- 4 Pebruari: Mengisi acara POSMA UNPAD
- 27 September: Mengisi Dies natalis UNPAD

1973
- 15 Februari: Penampilan bersama Bimbo di UNPAD
- Juli: Intercampus ke AKABRI - Magelang
- 25 Agustus: Pesta Folksong Se Jawa di Bandung
- 7 Oktober :Pesta Seni Mahasiswa Jakarta di Taman Ismail Marzuki

1974
- 21 April: Hari Kartini di ITB
- 4 Juni: Dies Natalis Universitas Indonesia
- 6 Juli: Konser Tunggal di Taman Ismail Marzuki
- 5 September: Dies WANADRI
- 12 September: Dies Institut Pertanian Bogor
- 11 November: Memperingati Hari Pahlawan bersama Gubernur Jawa Barat

1975
- 1 Februari: Malam Jazz-Rock-Folk-Pop-Dangdut di Aula UNPAD

- 1977
- 27-28 Mei: Konser 2 Jam Dalam Pesona, di Gelanggang Renang Taman Impian Jaya Ancol
- 18 Agustus: Memeriahkan Pekan ISMI Universitas Gajah Mada
- Konser Tunggal di Taman Ismail Marzuki
- Pagelaran di KEDUBES-RI di Singapura
- Pagelaran Musik di Kampus UKM (Universitas Kebangsaan Malaysia) di Kuala Lumpur - Malaysia
- Pagelaran Musik di Kampus Institut Teknologi MARA - di Kuala Lumpur - Malaysia
- Pagelaran Musik di Kampus Nanyang University - Singapura

1979
- 16 November: Pagelaran Musik Kampus bersama PSP-UI, Musik Dapur Geodesi ITB, Orkes Mahasiswa JETSET - (Jelek Tapi Setil) - ITS  di Balai Sidang Senayan - Jakarta

1980
- Pagelaran Musik di GOR Semarang

2005
- Pagelaran Musik pada Dies natalis UNPAD

2006
- Pagelaran Musik pada penutupan Kongres Ikatan Alumni UNPAD

2007
- Mengisi Acara pada Pengukuhan Gelar Doktor Honoriscausa Burhanuddin Abdullah di Aula UNPAD

2008
- Pagelaran dalam rangka Reuni AKABRI Angkatan ‘73 - Trisakti dan UNPAD di Istana Negara Cipanas.

2009
- Pagelaran Musik pada Dies natalis 50 Tahun Fakultas Pertanian UNPAD

Demikianlah kelompok ini tidak hanya membuktikan bahwa mereka cinta pada lagu, tetapi juga cinta pada kehidupan manusia muda yang enerjik. Cara-cara yang dipakai kelompok ini untuk berlatih sangat unik, yaitu lebih dititik beratkan ke arah pembinaan disiplin pribadi, pembinaan rasa saling menghormati, pembinaan keberanian untuk berlaku jujur dan sewajarnya disamping juga memupuk rasa cinta terhadap almamater, bangsa dan negara. Bagaimanapun halnya, cara yang dipakai melalui hobby yang menyenangkan ini hanyalah didorong oleh keinginan mereka untuk berbuat sesuatu yang sungguh-sungguh bermanfaat bagi dirinya sendiri, masyarakatnya, almamaternya dan bagi masa depan generasi muda, bangsa dan negara yang sangat dicintainya yakni INDONESIA.

Apa yang dulu  terjadi lebih mencerminkan spirit kepemudaaan. Kini, dengan perjalanan waktu…GPL  membawa semangat dari masing-masing anggotanya. GPL ada sampai sekarang karena sebuah komitmen… GPL menyampaikan apa yang diyakininya: komitmen untuk kumpul bersama, membuat karya bersama… dan kini GPL  tampil kembali sebagai silaturachim terhadap perjalanan waktu yang sudah dilaluinya. Ini bukanlah hanya sebuah kegiatan nostalgia… melalui pagelaran ini GPL diharapkan dapat memberikan arti akan semangat sebuah kelompok: KOMITMEN. Waktu telah mempolarisasikan aktivitas masing-masing yang membuatnya berjauhan secara fisik, dan kini komitmen itu kembali diuji… melalui sebuah pagelaran musik.

Ketua,

Eric Martialis